Integrasi Perkuliahan

Intervensi Daring : Mengelola Sumber Daya Internal dan Eksternal Mahasiswa untuk Beradaptasi Selama Pandemi COVID-19

Pandemi COVID-19 mengakibatkan perubahan pada berbagai aspek, diantaranya aspek akademis, keluarga, penggunaan gawai, dan pertemanan bagi mahasiswa. Perubahan-perubahan tersebut mengakibatkan mahasiswa mengalami dampak negatif dalam kehidupan perkuliahan. Dampak negatif tersebut disimpulkan karena adanya kesulitan untuk beradaptasi dalam perkuliahannya. Intervensi yang dirancang bertujuan agar mahasiswa memiliki resource-management strategies dalam konteks akademik, khususnya pada motivasi belajar, pengaturan waktu, dan dukungan sosial yang baik agar mampu beradaptasi terhadap perubahan. Kegiatan intervensi menggunakan metode asynchronous dan synchronous. Jumlah partisipan yang mengikuti intervensi sebanyak 12 orang. Secara keseluruhan, proses intervensi sosial berlangsung dengan lancar dan memenuhi beberapa indikator keberhasilan. Berdasarkan hasil evaluasi, peserta merasa puas dengan pelaksanaan intervensi sosial yang sudah dilakukan. Dengan menggunakan non-parametric statistical analyses, hasil menunjukkan bahwa motivasi internal dan kepuasan hidup partisipan secara signifikan meningkat (p < .05), sedangkan motivasi eksternal dan perceived social support tidak secara signifikan meningkat. Terlepas dari keberhasilan intervensi, terdapat juga beberapa keterbatasan. Peneliti telah menemukan variabel lain yang dapat mempengaruhi hasil intervensi. Salah satu variabel tersebut adalah durasi intervensi sosial yang hanya berlangsung selama dua minggu, sehingga peserta tidak dapat membentuk hubungan sosial yang mendalam secara optimal. Selain itu, terdapat extraneous variable yang mempengaruhi hasil intervensi, yang mana hal tersebut tidak dapat dikontrol oleh peneliti.